Rabu, 01 Januari 2014

BBPP Kemenakertrans Latih Wirausaha Di Bantaeng
Citizen6, Bantaeng: Dalam rangka peningkatan pengetahuan dan keterampilan manajemen berusaha bagi sejumlah ibu-ibu Pengurus PKK Kabupaten dan Kecamatan/Lurah/Desa se Kabupaten Bantaeng melalui Balai Besar Peningkatan Produktifitas (BBPP) Ditjen Binalattas Kemenakertrans RI bekerjasama dengan Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bantaeng, dilaksanakan acara Pembukaan Pelatihan Kewirausahaan yang berlangsung di Aula Kantor Kecamatan Bantaeng, Senin (09/12).
“Kegiatan pelatihan kewirausahaan ini penting artinya, dalam rangka melihat peluang Bantaeng yang begitu giat dibidang pembangunan dan berbagai sector lainnya. Ini terlihat dari pertumbuhan ekonomi masyarakat, yang ditandai dengan munculnya warung warung makan, yang menyiapkan banyak menu makanan dan beberapa produk olahan” ujar A. Mappatoba selaku Camat Bantaeng.
Selain itu, pelatihan kewirausahaan ini akan berdampak pada penciptaan usaha baru yang akan menjadi bagian dari perluasan kesempatan kerja dan peningkatan produktivitas masyarakat. Sambutan ini disampaikan pada saat pembukaan acara pelatihan, dan tampak dihadiri oleh Ketua Dharma Wanita Persatuan Ditjen Binalattas Kemenakertrans RI, A. Ningsih Langgara, dan Ketua Dharma Wanita Persatuan Ditjen Pengawasan Kemenakertrans RI, Rina Muji, serta tampak hadir pula Kabid. Penyelenggaraan dan Pemberdayaan BBPP Kemenakertrans RI, Andi Asriani Koke serta Kabid. Tenaga Kerja Kabupaten Bantaeng Syahrul Bayan.
Dalam sambutannya Kepala Bidang Tenaga Kerja Kab. Bantaeng yang mewakili Kadis Sosnakertrans, Syahrul Bayan, menuturkan bahwa dengan pelatihan wirausaha ini setidaknya akan meningkatkan produktifitas yang secara tidak langsung akan mengurangi angka pengangguran, penciptaan lapangan kerja baru dan juga akan bersiap menyambut penyelenggaraan PORDA XV Tahun 2014 mendatang.
Lanjut Syahrul Bayan bahwa setidaknya dengan pelatihan ini, akan memacu aktifitas ibu ibu PKK untuk membuat sajian makanan dan juga akan meningkatkan pemahaman dan pengetahuan tentang ketahanan pangan, dengan memanfaatkan potensi SDA yang ada di Bantaeng diantaranya pembuatan Nuget Ikan Tuna, Rollade Ayam Tuna, Siomay Ikan Tuna, dan lain sebagainya.
“Alhamdulillah, kegiatan ini terselenggara atas kerjasama dan koordinasi yang baik dan intense dengan pihak Ditjen Binalattas Kemenakertrans serta Dharma Wanita Persatuan Kemenakertrans RI. Kita berharap, kedepannya kegiatan kegiatan lainnya bisa kami fasilitasi di Bantaeng. Mengingat Bantaeng, kini akan menjadi Kabupaten yang maju di bagian Selatan Sulawesi Selatan, Insya Allah” tambah Syahrul Bayan selaku Kepala Bidang Tenaga Kerja Kabupaten Bantaeng.
Di sela – sela, pelatihan wirausaha ini berlangsung, tampak pula kunjungan Ketua TP. PKK Kabupaten Bantaeng Hj. Liestiaty F. Nurdin yang didampingi oleh Ketua GOW Bantaeng Hj. Aisyah Yasin, Sekretaris PKK Kab. Bantaeng, Syamsuniar Malik dan Ketua DWP Dinsosnakertrans Bantaeng, Rahmaniar Syamsul Suli.
“Wah, Luar Biasa nih, ada 2 (dua) orang Ibu Direktur Jenderal Kemenakertrans RI yang datang ke Bantaeng untuk mentransfer ilmu kepada ibu ibu di Bantaeng. Itu artinya, Bantaeng akan menjadi daerah primadona nantinya”, ujar Ibu Liestiaty yang disambut dengan tepuk tangan dari para peserta pelatihan.
Sebelum mengakhiri kunjungannya yang berlangsung sekitar sejam ini, Ketua TP. PKK Kab. Bantaeng ini juga turut mencicipi hasil pelatihan hari pertama. “Alhamdulillah, enak ya rasanya. Terimakasih bu”. Ujarnya disambut dengan senyumnya yang khas.
Kegiatan pelatihan kewirausahaan ini akan berlangsung hingga tanggal 13 Desember mendatang, dengan melibatkan pengurus PKK Kabupaten, kecamatan dan Desa/Lurah se Kabupaten Bantaeng. (Syahrul Bayan/kw)

0 komentar: